Budaya berinternet setiap detik mengalami perubahan, sangat
progressif dalam menyesuaikan dengan perkembangan teknologi hardware
dan software yang menjadi pendukung aktifitas berinternet.
Contohnya,
jika pada awal-awal dalam berinternet seseorang dituntut untuk
menghafalkan alamat-alamat situs yang akan dikunjunginya, maka dengan
kemajuan teknologi yang ada sekarang ini seseorang tidak harus menghafal
alamat apapun… karena kehadiran search engine seperti google, yahoo,
bing dan lain-lain. Para pemakai internet semakin dimanja, karena
dengan adanya search engine yang tersedia kapan saja dan di mana saja,
yang mereka butuhkan hanya keyword-keyword saja.
Secara tidak langsung merekam segala trend budaya atau kebiasaan para pemakainya dalam mencari informasi di internet.
Dan
search engine pun semakin ditingkatkan kemampuannya dari waktu ke
waktu, sehingga dapat mencatat dan mendata keyword yang sering dipakai
dengan tujuan agar memudahkan para pengguna Search Engine tersebut.
Berikut
ini hasil pengamatan kecil saya terhadap perbedaan pemakaian keyword
antara Google.com (Google US/Internasional) dengan Google.co.id (Google
Indonesia).
Ketika saya pake keyword yang sama pada Google.com dan Google.co.id, maka ketahuan perbedaan budaya itu…!!
keyword “3gp” versi Google US/Internasional
keyword “3gp” versi Google Indonesia
keyword “foto” versi Google US/Internasional
keyword “foto” versi Google Indonesia
keyword “video” versi Google US/Internasional
keyword “video” versi Google Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar