Senin, 14 Juni 2010

Tips untuk menghindari pelecehan seksual di tempat kerja



  1. Bekerja secara professional, kita harus dapat membedakan mana hal-hal yang bersifat pribadi dan bukan dan apa yang boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan di tempat kerja.
  2. Berpakaian yang sopan sesuai dengan lingkungan tempat kita bekerja kita, beberapa kantor pada saat ini memperbolehkan karyawannya berbusana casual and chic, tidak menyolok, harus dibedakan antara busana bermain di pantai dengan busana kerja.
  3. Berperilaku dan berbicara sopan ketika berkomunikasi dengan rekan kerja, bukan berarti kita tidak boleh bercanda dengan rekan kerja atau harus selalu serius.
  4. Bersikap ramah dan bersahabat, bukan berati kita bertutur kata genit dan menghindari gaya bicara manja, jika sedang berdiskusi dengan rekan kerja pada saat jam kerja di tempat kerja.
  5. Jika kita mengetahui ada rekan kerja yang cendrung suka melakukan pelecehan seksual baik dari gaya bicara maupun secara tindakan, lebih baik berkomunikasi dengannya, hanya untuk tujuan pekerjaan saja.
  6. Menghindari berdua saja dengan rekan pria di tempat yang sepi, selain untuk menghindari gosip yang sering kali beredar di tempat kerja, dan untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual di tempat kerja.
  7. Jika kita merasa ada jokes-jokes yang sudah menjurus ke arah negatif, adalah bijaksana untuk tidak menanggapi jokes-jokes tersebut..
  8. Jika kita merasa ada rekan kerja yang melakukan pelecehan seksual di tempat kerja, kita dapat melaporkan kelakukannya kepada atasan langsung kita ataupun ke human resources manager.
  9. Mengundurkan diri dari perusahaan tempat kita bekerja, adalah pilihan terakhir, jika dalam keadaan sangat terpaksa dan mendesak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar