Kamis, 14 April 2011

Kisah cinta sepasang burung

Kisah cinta mengharukan sepasang burung barn swallow...

(Foto ini dilaporkan diambil di wilayah Ukraina, negeri yang dulu pernah menjadi bagian Uni Sovyet. Dimana seekor burung sedang mencoba untuk menyelamatkan pasangannya. Jutaan orang menangis setelah melihat gambar ini di Amerika dan Eropa. )



Burung betina ini terluka parah
(Here his mate is injured and the condition is appalling)




Pasangannya membawakan makanan dan mencoba menyuapi si betina
(Here he brings her food and attend her with love and compassion)





Namun si betina akhirnya mati. Si jantan masih mencoba menggerakkan tubuh tak bernyawa itu
(Brings her food but shocked with her death and try to move her)




Si jantan mulai sadar kalau si betina sudah mati. Si burung jantan ini pun menjerit penuh duka
(He is aware that his sweetheart is dead and will not come to him again he cries with adoring love)




Si jantan tak mau menerima begitu saja kematian pasangannya. Ia terus menjerit pilu di sisi jasad si betina
(Stand beside her and scream saddened of her death)




Sadar bahwa si betina tak mungkin hidup lagi, si burung jantan tetap bertahan di sisi jasad beku itu dengan segala kesedihan
(Finally aware that she would not return to him and she has departed, stands beside her body, sad and sorrow)

Tari Bedhaya Ketawang

Asal mulanya tari Bedhaya Ketawang hanya diperagakan oleh tujuh wanita saja. Dalam perkembangan selanjutnya, karena tari ini dianggap sebuah tarian khusus dan dipercaya sebagai tari yang amat sakral kemudian diperagakan oleh sembilan orang.

Berbeda dengan tarian lainnya, Bedhaya Ketawang ini semula khusus diperagakan oleh abdi dalem Bedhaya Keraton Surakarta Hadiningrat. Iramanya pun terdengar lebih luruh (halus) dibanding dengan tari lainnya semisal Srimpi, dan dalam penyajiannya tanpa disertai keplok-alok (tepuk tangan dan perkataan).

Bedhaya Ketawang adalah tarian ritual agung yang diciptakan oleh ratunya seluruh makhluk halus pulau Jawa. Konon, pada setiap kali Bedhaya Ketawang ditarikan, sang pencipta selalu hadir, ikut menari. Tidak setiap orang dapat melihatnya, hanya bagi mereka yang peka saja Sang Ratu menampakkan diri.


Tak heran jika kemudian muncul aturan ketat bagi seluruh orang yang terlibat dalam pergelaran ini baik pada masa-masa latihan maupun pada waktu pergelaran. Salah satunya, pada setiap latihan yang diadakan pada hari-hari Anggara Kasih (Selasa Kliwon) setiap penari dan semua pemain gamelan beserta suarawatinya harus selalu dalam keadaan suci (tidak sedang haid).
Dikatakan tari Bedhaya karena tari ini menyesuaikan dengan gendingnya, seperti Bedhaya Gending Ketawang Ageng (Karya Penembahan Senapati) Bedhaya Gending Tejanata dan Sinom (karya PB IX) Bedhaya Pangkur (karya PB VIII), Miyanggong (karya PB IV), Duradasih (karya PB V), dan lainnya.

Siapa sebenarnya pencipta tari Bedhaya Ketawang itu sendiri sampai sekarang memang masih misterius.Bedoyo Ketawang misalnya menurut Sinuhun Paku Buwono X menggambarkan lambang cinta kasihnya Kanjeng Ratu Kidul pada Panembahan Senopati, segala gerak melambangkan bujuk rayu dan cumbu birahi, walaupun dapat dielakkan Sinuhun, Kanjeng Ratu Kidul tetap memohon agar Sinuhun ikut bersamanya menetap di dasar samodera dan bersinggasana di Sakadhomas Bale Kencana ( Singgasana yang dititipkan oleh Prabu Rama Wijaya di dasar lautan) dan terjadilah Perjanjian/Sumpah Sakral antara Kanjeng Ratu Pantai Selatan dan Raja Pertama tanah Jawa Sultan Agung, yang slalu diingat dalam tembang oleh raja-raja Jawa yang turun temurun atau raja-raja penerus Mataram.

Ini videonya :

video

Facebook Bagi Anak, Perlukah...?

Facebook benar-benar menjamur. Tidak hanya di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Hampir tidak ada orang yang tidak mengenal apa itu facebook, tidak terkecuali buah hati kita. Banyak sekali dampak negative yang bisa mempengaruhi kejiwaan dan perilaku sang anak, namun di sisi lain banyak pula manfaat positif yang bisa didapatkan oleh sang anak melalui facebook. Lalu bagaimana kesiapan kita sebagai orang tua dalam menyikapi hal ini? Apakah kita dengan sak klek melarang buah hati kita untuk memanfaatkan layanan jejaring social lewat internet ini? Anak jaman sekarang tergolong cerdas. Mereka pun bisa cepat mengerti apa itu facebook dan segudang manfaatnya dari teman-teman mereka. Lantas apakah kita cukup untuk melarang, dan menutup mata mengenai hal ini?


Memang tidak mudah untuk menentukan berapa usia anak yang cukup dalam memanfaatkan facebook. Tergantung pada kesiapan atau kedewasaan sang anak dalam menyikapi layanan facebook ini. Sebagai orang tua, andalah yang paling mengerti buah hati anda. Bila buah hati cukup dewasa dalam menerima berbagai informasi tentang facebook , dan anda pun sudah siap untuk membimbingnya dengan baik, saya kira semua tidak akan menjadi masalah. Maka terlepas dari berapa usia sang anak dalam mengenal facebook, saya akan memberikan tips mengenai cara memanfaatkan facebook secara efektif dan aman bagi buah hati kita.

1. Mengenal facebook dan fungsinya

Sebagai orang tua yang memiliki buah hati penggemar facebook, maka kita pun harus mengenal “Apa itu facebook?” Bila kita tidak mengenal facebook, adalah hal yang sia-sia kita menasihati buah hati kita untuk mengerti pengggunaan facebook yang efektif. Sebagai orang tua, meski pun anda merasa sudah tidak jamannya lagi, jangan pernah merasa malu atau malas untuk belajar menggunakan facebook. Karena bagaimana pun facebook banyak sekali manfaatnya. Beberapa ibu rumah tangga menggunakan facebook untuk berbisnis online atau hanya sekedar mencurahkan hati bersama sesame ibu rumah tangga. Belajarlah dari beberapa ibu rumah tangga yang sudah mengerti cara menggunakan facebook, dan pemanfaatannya untuk hal-hal yang positif. Semakin kita mengenal manfaat positif dari facebook, maka saya yakin bila segala pemikiran negatif kita tentang facebook pun akan sirna.

2. Menanamkan Pentingnya Interaksi Sosial

Supaya buah hati kita tidak berpikir bahwa interaksi sosial itu tidak penting atau facebook lebih penting daripada interaksi sosial di dunia nyata, tanamkan di hati anak akan pentingnya interaksi sosial di dunia nyata. Tanamkan di dalam hati buah hati anda bila interasi sosial di dunia nyata jauh lebih penting. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara membatasi penggunaan facebook oleh buah hati kita. Dan tentunya, dalam penggunaannya pun selalu ada di dalam pendampingan kita, sebagai oramg tua.

3. Mengurangi kebiasaan anak ber-facebook dan mengalihkan pada kegiatan lain.

Bila anda menemukan buah hati anda sudah terlanjur kecanduan facebook dan menunjukkan gejala keterikatan dengan facebook, alangkah lebih baik bagi anda untuk menasihatinya dan meminta buah hati anda untuk mengurangi kegiatannya berfacebook. Anjurkan pada buah hati anda akan pentingnya kegiatan-kegiatan yang lain, terutama kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas social. Meskipun facebook merupakan sebuah jejaring sosial, namun tidak berarti bahwa buah hati kita harus meninggalkan hubungan sosial di dunia nyata. Hubungan sosial di dunia nyata lebih penting daripada bersosialisasi dengan facebook lewat dunia maya. Sebagai orang tua, kita juga harus mengerti arti berbagi dan mengungkapkan perasaaan / uneg-uneg, dan mengadakan kontak langsung dengan orang lain dengan kontak langsung. Satu orang sahabat di dunia nyata, akan lebih bermakna daripada ratusan orang teman di facebook.


4. Mengajarkan cara Menggunakan facebook untuk hal-hal positif

Melarang anak untuk tidak menggunakan layanan facebook sama sekali, menurut saya bukan merupakan hal yang baik di era sekarang, Jadi hal yang lebih baik bagi kita, orang tua, adalah mengajarkan buah hati kita mengajarkan pemanfaatan facebook untuk hal-hal yang positif. Saya ada seorang teman yang mengajarkan buah hatinya menggunakan hal facebook untuk hal positif. Beliau memiliki seorang putra yang suka menulis lagu. Dan sang ayah mempublikasikan hasil karya lagu buah hatinya tersebut di facebook, sehingga banyak orang tau kalau buah hatinya pintar membuat lagu. Banyak pujian datang mengomentari lagu yang diciptakan oleh sang anak. Hal ini memotivasi sang anak lebih bersemangat dalam menciptakan lagu. Mungkin masih banyak hal-hal positif lain yang bisa kita ajarkan kepada buah hati kita dalam menggunakan facebook. Semua bisa kita sesuaikan dengam minat dan bakat sang buah hati.

5. Membuat jadwal penggunaan facebook bagi anak

Supaya buah hati kita tidak menggunakan fasilitas layanan internet facebook secara berlebihan, maka kita harus memulainya dengan awal yang baik. Maksud saya adalah, sebelum kita memperbolehkan buah hati kita menggunakan facebook, kita buatkan jadwal bagi buah hati kita waktu penggunaan facebook. Bila buah hati kita melanggarnya, tentu harus diberikan konsekuensi, misalnya dengan berpuasa menggunakan facebook dalam jangka waktu tertentu, mengurangi uang saku, dan lain-lain. Frekuensi atau penggunaan facebook, tergantung pada kebijaksanaan kita, karena hal ini juga berhubungan dengan kesibukan buah hati kita. Yang terpenting adalah jangan sampai kegiatan ber-facebook ini menggannggu waktu anak untuk beraktivitas (terutama yang berhubungan dengan sosialisasi) dan waktu belajar anak. Semua tergantung juga pada waktu kita, karena seperti yang sudah saya bilang bila sang anak juga masih butuh bimbingan kita.

6. Mengenal Teman-teman Di Facebook.

Sebagai orang tua, akan lebih baik bila kita mengenal teman-teman anak di facebook. Karena banyak sekali kasus-kasus kriminal yang terjadi yang berhubungan dengan penggunaan facebook (terutama untuk anak-anak di bawah umur). Bila kita mengenal teman-teman dari buah hati kita di facebook, kita pun pasti akan lebih tenang bila melihat buah hati kita menggunakan facebook. Bila perlu, kita juga rajin-rajin mengecek facebook sang anak dan mengetahui situs-situs yang baru saja dikunjungi sang anak dengan cara mengecek pada bagian history, pada salah satu fasilitas layanan computer. Untuk menambah teman-teman yang baik bagi anak di facebook, anda bisa membantu anak untuk meng-invite teman-teman facebook buah hati kita. Misalnya: teman-teman sekolah, teman-teman anak tetangga, atau hal-hal yang berhubungan dengan anak-anak. Salah satunya, kumpulan lagu anak.

Yang terpenting di sini adalah: Jangan sampai kita melarang anak bermain facebook, hanya karena kita terlalu sibuk dan tidak ada waktu untuk mengenal sisi positif facebook dan mengajarkan kebaikan facebook bagi anak. Bila kita mau mengenalkan facebook kepada sang anak, setidaknya itu akan mencegah terjadinya penyalahgunaan facebook oleh buah hati kita. Penyalahgunaan facebook terjadi karena informasi yang salah yang datang datang dari luar, kepada buah hati kita. Jadi saya tidak akan meminta anda untuk mengikuti tips-tips dari saya, karena semua akan saya kembalikan kepada anda,”Sudah siapkah anda membimbing buah hati anda dengan baik dalam mengenal facebook?”

Bung Hatta dan Kisah Sepatu Bally

Pada tahun 1950-an, Bally adalah sebuah merek sepatu yang bermutu tinggi dan tidak murah. Bung Hatta, Wakil Presiden pertama RI, berminat pada sepatu itu. Ia kemudian menyimpan guntingan iklan yang memuat alamat penjualnya, lalu berusaha menabung agar bisa membeli sepatu idaman tersebut.


Namun, uang tabungan tampaknya tidak pernah mencukupi karena selalu terambil untuk keperluan rumah tangga atau untuk membantu kerabat dan handai taulan yang datang untuk meminta pertolongan. Hingga akhir hayatnya, sepatu Bally idaman Bung Hatta tidak pernah terbeli karena tabungannya tak pernah mencukupi.

Yang sangat mengharukan dari cerita ini, guntingan iklan sepatu Bally itu hingga Bung Hatta wafat masih tersimpan dan menjadi saksi keinginan sederhana dari seorang Hatta. Pada hal, jika ingin memanfaatkan posisinya waktu itu, sangatlah mudah bagi beliau untuk memperoleh sepatu Bally. Misalnya, dengan meminta tolong para duta besar atau pengusaha yang menjadi kenalan Bung Hatta.

Namun, di sinilah letak keistimewaan Bung Hatta. Ia tidak mau meminta sesuatu untuk kepentingan sendiri dari orang lain. Bung Hatta memilih jalan sukar dan lama, yang ternyata gagal karena ia lebih mendahulukan orang lain daripada kepentingannya sendiri.

Pendeknya, itulah keteladanan Bung Hatta, apalagi di tengah carut- marut zaman ini.

Bung Hatta meninggalkan teladan besar, yaitu sikap mendahulukan orang lain, sikap menahan diri dari meminta hibah, bersahaja, dan membatasi konsumsi pada kemampuan yang ada. Kalau belum mampu, harus berdisiplin dengan tidak berutang atau bergantung pada orang lain.

Seandainya bangsa Indonesia dapat meneladani karakter mulia proklamator kemerdekaan ini, seandainya para pemimpin tidak maling, tidak mungkin bangsa dengan sumber alam yang melimpah ini menjadi bangsa terbelakang, melarat, dan nista karena tradisi berutang dan meminta sedekah dari orang asing.

Foto-foto Selebriti Paling Mahal di Dunia

Sebuah gambar bernilai seribu kata, dan foto-foto artis eksklusif bernilai miliaran rupiah! Ya, beberapa tahun terakhir memang gambar artis papan atas banyak diperjualbelikan dengan nilai selangit.

Beberapa media besar memang sengaja mencari gambar artis yang sedang hangat diperbincangkan. Demi mendapatkannya, mereka pun rela membayar sangat mahal.

Ini dia artis dengan foto termahal di dunia seperti dilansir Zimbio, Kamis (14/4/2011).

1. Foto Angelina Jolie dan Brad Pitt dengan Bayi Kembarnya, Knox dan Vivienne


Foto tersebut dihargai Rp 121 miliar lebih. Majalah Hello! yang berani mengeluarkan kocek sebesar itu demi mendapatkan hak untuk mempublikasikan foto Jolie bersama bayi kembarnya. Foto itu berisi 19 lembar gambar yang diambil pada Agustus 2008.

Tak hanya itu, majalah yang terbit di London itu juga mendapatkan wawancara secara esklusif dengan pasangan yang biasa disebut Brangelina itu. Mungkin foto-foto itu hingga kini masih menjadi foto artis termahal di dunia.

2. Foto J.Lo dan Marc Anthony dengan Bayi kembarnya, Max dan Emme


Foto yang menampilkan anak kembar memang sepertinya menjadi rebutan. Kali ini dua anak Jennifer Lopez dan Marc Anthony yang dihargai mahal. Rp 51 miliar harus dikeluarkan Majalah People pada Maret 2008 untuk mendapatkan hak esklusif foto tersebut.

Harga itu hanya untuk 12 halaman foto bayi J.Lo yang dijepret di kawasan Long Island, Amerika Serikat.

3. Foto bayi Angelina Jolie dan Brad Pitt, Shiloh Nouvel


Angelina Jolie dan Brad Pitt kembali membuat heboh media. Setelah foto mereka dengan anak kedua dan ketiga, Knox dan Vivienne dijual dengan harga selangit, kini pasangan tersebut menjual foto dengan anak kandung pertamanya, Shiloh Nouvel.

Pasangan itu mematok harga Rp 34 miliar lebih. Media Getty Images yang membayar foto tersebut pada 2006. Getty Images dikabarkan mendapat untung besar dengan membeli foto tersebut.

4. Foto Pernikahan Demi Moore dan Ashton Kutcher


Berbeda dengan sebelumnya, kini foto pernikahan yang dihargai mahal oleh media. Adalah pernikahan Demi Moore dan Ashton Kutcher yang disebut-sebut sebagai pasangan terpanas Hollywood.

Mereka meraup hampir Rp 26 miliar untuk penjualan foto hitam-putih pernikahan yang digelar pada Oktober 2005. Demi dan Ashton menjual foto mereka kepada Majalah OK!

Kabarnya, uang hasil penjualan foto itu disumbangkan kepada korban bencana Katrina and Rita.

5. Foto pernikahan Eva Longoria dan pebasket Tony Parker


Majalah OK! rela mengeluarkan kocek tebal untuk menebus foto pernikahan selebriti. Kali ini pernikahan Eva Longoria dan pebasket Tony Parker. Mereka mengeluarkan dana sebesar Rp 17 miliar untuk foto pernikahan Eva dan Tony pada Juli 2007 di Paris, Prancis.

6. Foto Pernikahan Reese Witherspoon dan Jim Toth


Pengantin baru ini dikabarkan tengah dilirik salah satu majalah terkenal untuk mendapatkan hak mempublikasikan foto mereka. Namun, sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari si artis atau pun media yang akan membayar foto tersebut.

Kabarnya, foto pernikahan mereka yang diambil pada 4 April 2011 itu dihargai US$ 1 juta.

Video laki - laki melahirkan

Bagaimana jadinya kalo laki - laki melahirkan ...??? cek di sini videonya gan ....


video

Lagu kebangsaan Indonesia


Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Ray

Fakta Terselubung Penelitian Video Porno

Film biru yang dikhususkan untuk orang dewasa begitu mudah ditemui. Di tengah perkembangan teknologi internet, video yang sarat adegan seksual ini bisa dinikmati kapan saja. Atas fenomena tersebut, sejumlah peneliti melakukan studi terkait video porno dalam kaitannya dengan hubungan seksual. Berikut paparan data yang terungkap, seperti dikutip dari Shine:


1. Target pria : pemeran wanita
Peneliti menunjukkan semua orang akan terangsang menyaksikan video berisi adegan tanpa busana, atau aktivitas seksual. Perbedaannya, pria terangsang dengan target yang jelas, yakni pemeran wanita. Sedangkan wanita cenderung bisa menikmati semua jenis adegan seksual, baik yang diperankan pasangan homoseksual, maupun heteroseksual.

2. Pria fokus melihat ekspresi wajah
Mata dan bibir yang menggoda justru menjadi pusat perhatian, begitulah hasil studi dari Kinsey Institute di Universitas Indiana. Itu terjadi saat pria dihadapkan pada video yang berisi adegan hubungan seksual.

3. Pengaruh Pil KB
Studi dari Institut Kinsey menyebutkan, wanita lebih memilih menggunakan alat kontrasepsi yang dipasang di organ intim seperti yang dilihat di video porno. Perempuan tertarik pada pil KB lebih kepada unsur-unsur kontekstual.

4. Hampir semua menontonnya
Seorang peneliti dari University of Montreal ingin mempelajari apakah pornografi memiliki dampak terhadap kehidupan seksual pria. Sang peneliti berusaha mencari dari semua bentuk kelompok pria pada usia 20 tahun ke atas yang belum pernah menonton pronografi. Namun, ia sulit menemukan pria belum pernah menonton video porno.

5. Pria menonton sebelum pubertas
Menurut studi dari University of Montreal, mayoritas pria pertama kali menonton pornografi pada usia 10 tahun.

6. Kaitannya dengan Pemilu Presiden
Studi Universitas Rutgers Villanoca menunjukkan, di Amerika Serikat, ada hubungan antara kemenangan presiden dengan dorongan menonton pornografi. Pada kemenangan Bush di pemilu 2004, terjadi lonjakan konsumsi video porno di internet, terutama di sejumlah negara bagian pendukung Bush.

Pada kemenangan Obama tahun 2008, pola serupa juga menimpa negara bagian yang pendukungnya. Terjadi kegilaannya terhadap pencarian film porno di internet. Studi ini menunjukkan kemenangan tim pendukung memicu gelombang testosteron yang mendorong gairah seksual.

Tato Yang Cantik Atau Si Cantik Ber-Tato?? "Narsis"

Selama ini tato emang selalu dikaitkan dengan kriminalitas... banyak geng atau kelompok kejahatan yang menggunakan tato sebagai perlambangan dari kelompok mereka,dan apabila kita mendengar kata tato dan mafia pasti yang pertama yang terlintas di kepala adalah menakutkan...tapi kalo sebuah tato terpasang di sesuatu yang indah..jadi nya kaya begini deh.....



Yogyakarta, Kota Dengan Tata Letak Terbaik Di Dunia

Kota Yogyakarta yang dibangun pada tahun 1755, bersamaan dengan dibangunnya Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I di Hutan Beringin, berada di kawasan antara sungai Winongo dan sungai Code. Disuatu kawasan yang sangat strategis untuk segi pertahanan keamanan pada waktu itu. Namun kalau kita amati secara lebih mendalam , ada satu hal yang membuat kita lebih takjub lagi, yaitu tentang tata letak kotanya. Sebab tata letak kota Jogja adalah tata letak kota yang terbaik di dunia!!!

Betapa tidak, bila kita lihat tata letak jogja yang dibangun dari arah selatan yaitu panggung krapyak kearah utara sampai dengan tugu sangatlah tertata sekali serta mengandung banyak falsafah; padahal blueprint tata letak kota tersebut dibuat pada zaman dimana dinegara kita belum semaju saat ini.

Bagi anda yang belum mengetahui dimana letak kehebatan tata kota jogja, inilah detail urutan bangunan beserta falsafahnya :

1. Krapyak


Adalah gambaran asal roh-roh. Di sebelah utaranya terletak kampong Mijen, berasal dari perkataan Wiji (benih), jalan lurus ke utara, dikanan kiri dihiasi pohon Asem dan Tanjung, menggambarkan kehidupan sang anak yang lurus, bebas dari rasa sedih dan cemas, rupanya nengsemake serta di sanjung-sanjung (tanjung) selalu.

2. Plengkung Nirbaya ( Plengkung Gading )


Plengkung ini menggambarkan periode sang anak menginjak dari masa kanak-kanak ke masa pra puber. Dimana sifatnya masih nengsemake ( pohon asem) dan suka menghias diri (nata sinom). Sinom merupakan daun asem yang masih muda.

3. Alun-alun selatan


Disini terdapapat dua pohon beringin yang disebut Wok. Wok berasal dari kata brewok. Dua pohon beringin ditengah-tengah alun-alun ini menggambarkan bahagian badan yang paling rahasia, oleh karena itu diberi pagar batu. Disekitar alun-alun inin terdapat lima buah jalan yang bersatu satu sama lain, menunjukkan pancaindra. Tanah berpasir artinya belum teratur lepas satu sama lain. Apa yang ditangkap belum teratur oleh pancaindra. Keliling alun-alun ditanami pohon Kweni dan Pakel artinya sang anak sudah wani (berani karena sudah akil balig)

4. Sitihinggil


Arti harafiahnya tanah yang ditinggikan. Disini terdapat sebuah tratag atau tempat istirahat beratap anyaman bambu. Kanan kiri tumbuh pohon gayam dengan daun-daunnya yang rindang serta bunga-bunganya harum wangi. Siapa saja yang berteduh dibawah tratag ini akan merasa aman, tenteram senang dan bahagia. Menggambarkan rasa pemuda-pemudi yang sedang di rindu asmara. Konsep lain dengan esensi sama disampaikan bahwa Sitihinggil terdapat dua bangunan untuk penjagaan abdi dalem Gandheng=penghubung=penggandeng. Nama depan hamba (abdi) ini adalah Duto dan Jiwo, dengan maksud andudut Jiwa = Jiwanya ditarik bersamaan antara laki-laki dan perempuan menyalakan api percintaan.

5. Halaman kemandungan


Menggambarkan benih dalam kandungan sang ibu.

6. Regol Gadung mlati sampai kemagangan merupakan jalan yang sempit kemudian melebar dan terang benderang.

Suatu gambaran Anatomis kelahiran sang bayi. Disekeliling bangunan Siti Inggil (Sasana Inggil) ini terdapat jalan yang menuju ke halaaman Kemagangan. Jalan di kiri kanan ini disebut Pamengkang. Pamengkang berasal dari Mekangkang, posisi kaki yang berjauhan satu sama lain. Posisi ini menunjukkan keadaan seorang ibu yang akan melahirkan . disini bayi kemudian magang (kemagangan) menjadi calon manusia yang sesungguhnya.

7.Bangsal Mangun-Tur-Tangkil

Sebuah bangsal kecil yang terletak di tratag Sitihinggil. Jadi sebuah bangsal di dalam bangsal yang mempunyai arti bahwa di dalam badan kita (wadag) ada roh atau jiwa. Manguntur Tangkil berarti tempat yang tinggi untuk anangkil, yaitu menghadap Tuhan Yang Maha Kuasa dengan cara mengeheningkan cipta atau bersemedi. Di belakang bangsal ini terdapat sebuah bangsal lagi yang disebut bangsal Witono, yang mengandung arti wiwit ono (mulailah), merupakan awal kegiatan spiritual manusia mendekatkan diri dengan Tuhan.

8. Tarub Hagung

Merupakan bangunan 4 tiang dari pilar yang mempunyai bentuk empat persegi. Arfti bangunan ini adalah : siapa yang gemar semedi sujud kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, berada selalu dalam keagungan.

9. Pagelaran


Yang berasal dari kata Pagel = pagol = pager = batas dan aran =nama. Dimana habislah perbedaan manusia baik laki-laki maupun perempuan, terutama di hadapan Tuhan. Sehingga semua kalangan di dalam kraton menggunakan bahasa sama yaitu kramma inggil yang dirubah, yang disebut bahasa bagongan.

10.Alun-alun utara (lor)


Menggambarkan suasana nglangut, suasana sepi, suasana hati kita dalam samadi. Pohon beringin di tengah alun-alun menggambarkan suasana seakan-akan kita terpisah dari diri sendiri. Mikrokosmos bersatu dalam makrokosmos. Simpang empat sebelah utara menunjukkan godaan dalam semedi. Apakah kita jalan lurus (Siratal Mustaqim) atau menyimpang kekanan-kekiri.

11. Pasar Beringharjo


Pusat godaan setelah kita mengambil jalan lurus berupa godaan akan wanita cantik, makanan yang lezat serta barang-barang mewah.

12. Kepatihan


Lambang godaan akan kedudukan atau kepangkatan.

13. Tugu


Symbol tempat Alif Mutakaliman Wachid, bersatunya kawula lan Gusti bersatunya hamba dan Tuhan