Kamis, 26 Mei 2011

BATU-BATU LANGKA

Langka, cantik, indah, mempesona, sangat berharga, dan terutama satu-satunya di jenisnya. Inilah daftar batu-batu berharga yang bisa membuatmu terpana dan terpaku. Banyak orang yang yakin bila batu-batu ini memiliki kekuatan supranatural yang luar biasa, dapat menyembuhkan segala penyakit, dan dijadikan jimat keberuntungan. Inilah lengkapnya:

1. The Diamond of Hope

Permata ini ditemukan pertama kali pada abad ke-17 di India, seorang petualang Prancis, Jean Baptiste Tavanier memilikinya setelah ia membelinya dari seorang budak. Permata ini dikatakan memiliki sejarah dan cerita yang tragis sehingga banyak yang meyakini bila permata ini dikutuk. Saat ini, permata ini disimpan di Smithsonian Institute dan hanya bisa dilihat dari luar kaca anti-tembus peluru.

02. Star of India
Berat batu safir ini adalah 563.35 karat. Sejak ditemukan 300 tahun yang lalu di Sri Lanka, batu ini dianggap sebagai batu safir terbesar di dunia. Batu ini pernah dicuri dari American Museum of Natural History namun untungnya ditemukan kembali di loker terminal bus.

03. Star of Africa
Berlian ini juga dinamai Cullinan dan beratnya 530.20 karat. Bentuk permata ini sangatlah langka dan dicatat sebagai cut diamond terbesar kedua di dunia.

04. The Tiffany Yellow Diamond
Berlian ini ditemukan pada 1878 di Afrika Selatan dan dicatat sebagai salah satu berlian terlangka dan terbesar di dunia. Berlian langka ini memiliki berat 287.42 karat.

05. Queen Marie of Romania’s Sapphire
Berlian berwarna biru ini memiliki kisah panjang dan sangat populer sejak ratusan tahun yang lalu. Berasal dari Sri Lanka, berlian ini berbentuk dan berwarna unik. Dikenal sebagai salah satu berlian terbesar dan paling bersejarah di dunia.

06. Star of Asia
Walaupun ukurannya tak sebesar Star of India, batu ini dikenal sebagai salah satu safir blue-violet tercantik, terlangka, dan terbesar di dunia. Ditemukan di Myanmar dan saat ini menjadi salah satu koleksi di Smithsonian Museum.

07. the Koh-I-Noor or ‘Mountain of Light’
Koh-I-Noor memiliki berat 105 karat dan merupakan simbol kekuasaan serta gengsi. Berlian yang berasal dari Andhra Pradesh ini sekarang menjadi kebanggaan orang Inggris. Banyak orang percaya jika memiliki berlian ini maka berarti juga memiliki kekuasaan untuk memerintah dunia.

08. The Orlov
Orlov dikenal sejak abad ke-18 dan banyak orang telah menyaksikan betapa besar ukurannya. Berlian ini ditemukan di Tamil Nadu dan dulu digunakan sebagai batu penyembuh di sebuah kuil Hindu. Sayangnya batu berlian ini tak ada lagi di Tamil Nadu saat ini.

09. The Mughal Emerald
Berlian sebesar 217.80 karat ini memiliki bentuk, warna dan ukuran yang luar biasa. Berlian ini dulu menjadi milik Aurangzeb, Kaisar Mughal dari India. Museum of Islamic Art di Doha, Qatar pernah menyimpan berlian menakjubkan ini sebelum dijual di balai lelang Christie pada 27 Sepetember 2001 seharga 1,543,750 (sekitar Rp22.3 miliar).

10 The Spirit of de Grisogono
Berasal dari Repubik Afrika Tengah, dicatat dan dikenal sebagai berlian terbesar ke-5 di dunia dan juga black diamond cut terbesar di dunia. Berlian ini dihiasi dengan cincin emas putih dan dipercantik lagi dengan 702 buah berlian yang lebih kecil. Entah siapa yang menjadi pemilik berlian ini sekarang.

Sumber: http://www.interestingworldfacts.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar