Selasa, 31 Januari 2012

10 transfer pemain sepak bola termahal

Bursa transfer pemain di Liga-liga Eropa akan ditutup akhir Januari 2012. Hingga Senin (30/1) WIB belum ada perpindahan pemain dengan nilai signifikan di bursa musim dingin kali ini. Untuk menyegarkan ingatan Anda para pecinta sepak bola, berikut daftar 10 transfer pemain sepak bola termahal sepanjang sejarah. Siapa yang sukses dan siapa yang gagal?

Penyerang tersubur dan pemain terbaik yang pernah dimiliki Ukraina. Andriy Shevchenko juga sukses besar di AC Milan sebelum hengkang ke Chelsea. Nilai transfer 37 juta Poundsterling pada 2008 lalu tak membuat bintang Sheva bersinar. Ia malah tidak menonjol di Stamford Bridge dan kalah pamor dari Didier Drogba. 

Kiper termahal di muka bumi hingga saat ini. Juventus menggelontorkan uang sebanyak 38 juta Poundsterling untuk mendatangkan Gianluigi Buffon dari Parma pada 2001 silam. Hingga musim 2011/2012, Buffon masih menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Juventus dan tim nasional Italia. 

Penyerang yang pernah sangat menakutkan di Serie A Italia, Hernan Crespo. Klub Lazio rela menulis cek sebesar 38 juta Poundsterling agar Crespo pindah dari Parma. Crespo ikut membantu Lazio meraih Scudetto pada 2000 lalu.

Sergio Aguero dibeli Manchester City dari Atletico Madrid dengan nilai 39 juta Poundsterling. Aguero sementara ini sukses menjadi kran gol City bersama Edin Dzeko.

Transfer Luis Figo dari Barcelona ke Real Madrid terbilang penuh kontroversi. Kedua klub selama puluhan tahun terlibat persaingan ideologi, gengsi, juara sampai perebutan pemain bintang. Los Blancos membeli Figo dengan nilai transfer 44 juta Poundsterling pada 2000 silam.

Sangat subur di Liverpool namun gagal total di Chelsea. Transfer 50 juta Poundsterling dari Anfield ke Stamford Bridge sepertinya mubazir.

Salah satu pengatur permainan terbaik di muka bumi. Zinedine Zidane adalah pahlawan Perancis di Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Real Madrid membayar Juventus sebesar 59 juta Poundsterling agar Zidane pindah pada 2001 lalu. Zidane mencatat sukses di Juve dan Madrid.

Kaka sangat sukses di AC Milan. Gelar domestik hingga tingkat Eropa sudah ia rasakan bersama Milan. Real Madrid pun kepincut lalu membelinya dengan uang sebanyak 56 juta Poundsterling. Ironisnya Kaka gagal bersinar karena sering cedera dan pergantian pelatih yang terlalu sering di Madrid.

Salah satu penyerang yang sulit dihentikan, Zlatan Ibrahimovic pindah dari Inter Milan ke Barcelona dengan nilai 59 juta Poundsterling. Nilai transfer Ibra sebenarnya tuker tambah dengan Samuel Eto'o. Ibra pindah ke Barca karena sulit meraih gelar juara Liga Champions. Sayangnya semusim setelah Ibra pindah, Inter meraih treble. Dan Ibra pun gagal bersinar karena tidak cocok dengan pola permainan Barcelona. 

Pemain paling mahal di muka bumi, Cristiano Ronaldo. Awalnya ia bermain di sektor sayap, namun karena Ronaldo produktif dalam urusan mencetak gol, Ronaldo pun sering dipasang sebagai penyerang. Ronaldo hijrah dari Manchester United ke Real Madrid dengan transfer sebesar 80 juta Poundsterling!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar