Rabu, 02 Mei 2012

Dortmund Pertahankan Gelar Juara Bundesliga

Borussia Dortmund berhasil memastikan menjadi juara Bundesliga musim ini, setelah memetik kemenangan 2-0 atas Borussia Monchengladbach.



Dortmund yang menjamu Gladbach di Signal Iduna Park, Minggu (22/4/2012) dinihari WIB, meraih tiga angka berkat gol Ivan Perisic dan Shinji Kagawa.

Gol pertama lahir saat pertandingan memasuki menit 23. Marcel Schmelzer mengirim bola ke kotak penalti untuk kemudian diteruskan Perisic dengan sundulan.

Di pertengahan babak kedua, tepatnya menit 59, Dortmund menambak keunggulan. Dari serangan balik, Robert Lewandowski mengirim bola ke Shinji Kagawa yang berhasil mengirim bola ke dalam gawang Gladbach dari sudut sempit.

Di menit 89, peluang Dortmund menambah keunggulan terbuang setelah tendangan kaki kiri Moritz Leitner mengirim bola masih terlalu tinggi dari sasaran. Skor 2-0 pun mengakhiri laga tersebut.

Dengan tambahan tiga angka, Dortmund kini memiliki 75 poin hasil dari 32 pertandingan. Jumlah itu sudah pasti tak bisa dilebihi oleh pengejar terdekatnya, Bayern Munich, yang memiliki 67 poin--kedua tim tinggal menyisakan dua laga lagi dan poin maksimal Bayern adalah 73.

Untuk Dortmund, yang juga merupakan juara bertahan, ini merupakan gelar juara Liga Jerman ke-8 (1955–56, 1956–57, 1962–63, 1994–95, 1995–96, 2001–02, 2010–11, 2011–12). Kemenangan kali ini juga disebut Reuters memperpanjang laju positif Dortmund yang sudah menjalani 26 laga Bundesliga tanpa terkalahkan.

Borussia Dortmund menjuarai Bundesliga dengan laju tidak terkalahkan dalam 26 laga, termasuk di antaranya atas tiga tim di bawahnya. Ini seperti jadi musim "gila" untuk Dortmund yang juga masih memiliki potensi bikin musimnya jadi lebih dahsyat.

Gelar juara Bundesliga dipastikan Dortmund dengan dua laga tersisa setelah akhir pekan lalu menundukkan Borussia Monchengladbach. Hasil itu memastikan 'Hitam Kuning' tak lagi bisa dilampaui pengejar terdekatnya, Bayern Munich.

Ditilik dari statistik, Dortmund memang amat layak jadi juara karena lajunya yang sangat konsisten. Sejak dibekuk Hannover 96 pada 18 September lalu, Die Schwarzgelben tak pernah lagi dihingapi kekalahan.

Dalam laju tak terkalahkan itu Dortmund seraya memperlihatkan keunggulan atas tim-tim papan atas lain seperti Bayern (posisi 2), Schalke (posisi 3), dan Gladbach (posisi 4). Bayern dan Dortmund dua kali dikalahkan, dan Gladbach diimbangi di pertemuan pertama dan dikalahan di pertemuan kedua. Yang unik, kemenangan atas Bayern, Schalke, dan Gladbach ditorehkan Dortmund secara beruntun di tiga seri terakhirnya.

Dengan dua laga tersisa dan raihan 75 angka sejauh ini, Dortmund juga berpeluang rekor poin di dalam satu musim Liga Jerman jika berhasil menambah 4 poin lagi. Sejauh ini rekor poin dalam satu musim Liga Jerman dipegang oleh Bayern dengan 79 poin pada musim 1971/72 dan 1972/73.

Selain itu, Dortmund pun masih berpeluang mengilapkan musim dengan menjuarai Piala Jerman pada 12 Mei depan. Berhadapan dengan Bayern, tim racikan Klopp juga berkesempatan mencatatkan kemenangan nomor tiga atas Die Roten musim ini.

Satu-satunya noda di dalam musim Dortmund mungkin adalah lajunya di Liga Champions, karena sudah tersingkir dini di fase grup akibat finis di posisi terakhir akibat kalah bersaing dari Arsenal, Marseille, dan juga Olimpiakos.

Pertemuan Dortmund Lawan Tim 4 Besar Bundesliga

19 Nov Bayern Munich 0-1 Borussia Dortmund
11 Apr Borussia Dortmund 1-0 Bayern Munich

26 Nov Borussia Dortmund 2-0 Schalke 04
14 Apr Schalke 04 1-2 Borussia Dortmund

3 Des Borussia Monchengladbach 1-1 Borussia Dortmund
21 Apr Borussia Dortmund 2-0 Borussia Monchengladbach
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar