Rabu, 01 Agustus 2012

Masjid Pintu Seribu Masjid Agung Nurul Yaqin

Bentuknya unik, berkelak-kelok dihubungkann dengan banyak pintu layaknya labirin. Gedungnya pun menyerupai benteng daripada sebuah masjid. Di dindingnya penuh kaligrafi Alquran. Tak ayal, kian hari masjid nyentrik di Tangerang ini makin membuat penasaran siapa saja untuk ke sini, ke Masjid Pintu Seribu. 

Mesjid ini dibangun pada tahun 1978 lalu. Banyaknya pintu yang menghiasi mesjid ini membuat warga biasa menyebut dengan nama Masjid Pintu Seribu. Pada beberapa pintu mesjid, banyak terdapat ornamen angka 999. Dan, angka 999 itu merupakan penggabungan jumlah asma Allah yang berjumlah 99 dan 9 wali songo.

Pendiri mesjid tersebut bernama Al Faqir Mahdi Hasan Alqudratillah Al Muqoddam. Uniknya, pembangunan Masjid Pintu Seribu tidak memakai gambar rancang. Tidak ada desain dasar yang bisa menampilkan corak arsitektur tertentu. Ada pintu-pintu gerbang yang sangat ornamental mengikuti ciri arsitektur zaman Baroque, tetapi ada juga yang menyerupai dengan arsitektur Maya dan Aztec.

Salah satu bagian dari mesjid ini adalah ruang tasbih di bawah tanah. Lorong ini bisa dicapai melalui lorong sempit yang gelap dan berliku. Lorong ini[pun terasa sangat lembab, karena tidak tersentuh oleh sinar matahari.










 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar