Sabtu, 20 Oktober 2012

9 Versi Foto Resmi Presiden SBY



Quote:

Jend. TNI (Purn.) Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono
Presiden Republik Indonesia
Berawal dari ketertarikan saya terhadap foto resmi presiden dan wakil presiden yang sering dipajang, saya memperhatikan terdapat banyak versi foto resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejak ia terpilih sebagai presiden pada tahun 2004, baik versi resmi dari Sekretariat Negara, maupun versi tak jelas entah edit-an atau copy-an dari mana.


Inilah kesembilan versi itu, ada foto yang aku beli dan pindai sendiri, ada pula yang kuunduh dari mbah Google:

Quote:

Ini versi yang pertama kali muncul tahun 2004, bahkan sudah dijual bebas sebelum Pak SBY dilantik menjadi presiden. Foto ini berasal foto Pak SBY untuk surat suara Pilpres 2004, yang latar belakangnya di-edit.
Quote:

Versi kedua ini merupakan versi resmi Sekretariat Negara. Dibandingkan versi pertama yang tampak tersenyum (mungkin untuk menarik perhatian pemilih), versi resmi ini nampak wajah SBY yang serius, mungkin untuk menampakkan wibawa seorang presiden.
Quote:

Versi ini juga merupakan versi resmi Sekretariat Negara. Versi yang keren menurutku karena memperlihatkan Presiden SBY mengenakan bintang-bintang kehormatan. Berbeda dengan versi lainnya, versi ini tidak disebar luas, dan hanya dipajang di Istana atau di Gedung DPRD di daerah. Saya mencari versi ini di mana-mana tak ada yang jual. Jika ada yang memiliki informasi di mana bisa mendapatkannya, saya harap bisa menginformasikannya kepada saya.
Quote:

Versi ini sekilas mirip versi kedua di atas. Namun jika diperhatikan dengan saksama, terdapat perbedaan posisi wajah Presiden SBY dengan posisi Bintang RI yang dikenakannya. Tidak jelas apakah ini versi resmi Setneg juga atau bukan, karena di fotonya terdapat tulisan "Copyright 2004: Setpres RI", namun jarang sekali kulihat foto versi ini terpajang.
Quote:

Ini versi foto resmi Presiden SBY untuk periode 2009-2014 yang pertama kali muncul. Menampakkan wajah SBY yang tersenyum namun nampak gemukan. Dan bagi yang jeli, tahi lalat di dahi Pak SBY menghilang pada versi ini dan seterusnya.
Quote:

Ini versi yang kedua kali muncul untuk tahun 2009. Ini versi yang paling tidak jelas, dan paling buruk menurutku. Entah edit-an dari mana. Ekspresi wajah SBY pun nampak tidak jelas ekspresi apa yang ditunjukkan, bahkan menampakkan mulut terbuka sedikit.
Quote:

Inilah versi resmi dari Setneg untuk periode 2009-2014. Jika diperbandingkan dengan versi resmi 2004, nampak sekali wajah SBY yang nampak makin tua dan makin gemuk.
Quote:

Ini juga versi resmi dari Setneg, yang memperlihatkan Presiden mengenakan bintang kebesarannya. Bintang yang dikenakan lebih banyak dibangkan versi terdahulu, nampak sangat keren menurutku. Sama seperti versi terdahulu, versi ini juga tidak disebar luas, dan hanya dipajang di Istana. Sama seperti versi terdahulu juga, kucari-cari versi ini di mana-mana juga tak ada yang jual. Jadi, jika ada yang memiliki informasi di mana bisa mendapatkannya, saya harap bisa menginformasikannya pula kepada saya.
Quote:

Versi terakhir ini adalah versi Pak Presiden berfoto bersama istri. Versi ini kudapatkan saat mengikuti Wisata Istana, beberapa bulan sebelum Pemilu 2009. Foto versi ini dibagikan gratis kepada setiap pengunjung pada saat itu. Mungkin salah satu tujuannya untuk kampanye. Di luar, saya tidak melihat versi ini dijual bebas.
Itulah kesembilan foto resmi Bapak Presiden kita tercinta. Sedikit tambahan, dalam beberapa versi terdapat kesalahan penulisan singkatan gelar Doktor yang disandang Pak SBY. Singkatan gelar Doktor yang benar adalah "Dr.", namun terdapat beberapa versi menulisnya dengan singkatan yang salah, yakni "DR.".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar