Senin, 09 Mei 2011

Wiski Bisa Jadi Bahan Bakar Alternatif


Minuman keras seperti wiski terkadang menjadi musuh bagi beberapa kalangan. Namun di masa depan wiski nampaknya akan menjadi teman semua kalangan. Sebab minuman ini kembali terbukti dapat menjadi bahan bakar alternatif bagi kendaraan.

Seorang pria asal Kentucky, Amerika Serikat bernama Mickey Nilsson berhasil membuat sebuah mobil berjalan tanpa bensin tapi hanya meminum whiski bourbon.

Inovasi yang dilakukan oleh pria 62 tahun tersebut terjadi ketika dirinya terinspirasi oleh film musikal klasik Chitty Chitty Bang Bang yang bercerita tentang mobil ajaib yang dibangun dari sampah.

Dan seperti halnya tokoh dalam film kegemarannya itu, Nilsson pun mengumpulkan berbagai komponen bekas dari belakang rumahnya.

"Dua pembawa acara TV American Pickers (Mike Wolf and Frank Fritz) mempir kesini mencoba menawar barang-barang lama saya untuk US$ 200 dan berkata pada saya kalau minuman keras itu ilegal," ungkap Nilsson.

Karena tawaran tersebut, Nilsson pun terinspirasi untuk menggunakan barang-barang bekas yang ada di dalam rumahnya dan menjadikannya sesuatu yang baru.

Setelah berpikir meu membuat apa, Nilsson pun teringat dengan film Chitty Chitty Bang Bang dan mulai membangun sebuah mobil dengan bahan bakar wiski selama enam bulan.

Namun begitu, dengan harga rata-rata wiski Bourbon sebesar US$ 24, inovasi yang dilakukan Nilsson tentu masih belum ekonomis. Tappi nampaknya harga wiski yang lebih stabil akan membuatnya menjadi murah di masa depan mengingat harga bensin yang terus meroket.

Rencananya Nilsson akan terus menyempurnakan inovasi yang dimulainya ini dan akan memperlihatkan sebuah mobil utuh dalam bentuk konsep pada 2014 mendatang.

Tapi, inovasi Nilsson ini ternyata bukanlah yang pertama. Sebab para peneliti dari Universitas Edinburgh Napier juga telah mampu mengembangkan sebuah bahan bakar yang dihasilkan dari penyulingan minuman wiski Scotch.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar