Senin, 13 Juni 2011

Dong Yi, Jewel In The Crown


Sinopsis
Kisah berawal pada tahun 1681 M, tahun ke-7 pemerintahan Raja Sook Jong dari Dinasti Joseon. Saat itu terjadi serangkaian pembunuhan terhadap beberapa pejabat pemerintahan. Salah seorang korban yang sekarat ditemukan oleh anak perempuan bernama Choi Dong Yi. Korban ini memberikan isyarat tangan yang tak dimengerti oleh Dong Yi.

Ayah Dong Yi adalah Choi Hyo Won, seorang koroner yang cerdas. Inspektur polisi Seo Yong Gi meminta bantuan Choi Hyo Won untuk memecahkan kasus pembunuhan para pejabat tersebut. Inspektur Seo memberikan kepercayaan penuh dan mengandalkan kemampuan Hyo Won, meski ia berasal dari kalangan cheonmin atau rakyat kelas rendah.

Dong Yi mempunyai kakak lelaki bernama Choi Dong Joo yang mahir memainkan haegeum dan berprofesi sebagai pemusik istana. Ayah Dong Yi adalah ketua Geumgae, sebuah perkumpulan rahasia yang menolong dan melarikan cheonmin yang diperlakukan tidak adil. Dong Joo juga menjadi anggota perkumpulan tersebut.

Geumgae difitnah dan dijadikan kambing hitam sebagai dalang dari pembunuhan para pejabat. Ayah dan kakak lelaki Dong Yi tewas saat berusaha meloloskan diri, tapi Dong Yi berhasil kabur. Ia bertekad, suatu saat, akan mengungkap konspirasi yang telah menjebak serta mengorbankan ayah dan kakaknya.



video

Setelah remaja, Dong Yi berhasil masuk ke dalam istana sebagai pelayan air. Ia berusaha menemukan orang yang telah memfitnah dan menyebabkan kematian ayah dan kakaknya. Keahlian forensik yang dipelajari dari sang ayah, membuat Dong Yi berhasil menyelamatkan Dayang Jang dari fitnah. Dayang Jang adalah dayang kesayangan Raja Sook Jong. Jang lalu mempromosikan Dong Yi menjadi dayang istana di Biro Pengawas, sedang Jang sendiri diangkat menjadi selir. Sejak menjadi dayang di biro pengawas istana, kemampuan Dong Yi dalam menginvestigasi semakin terasah.

Namun, Jang yang berambisi menjadi ratu dengan segala cara, memaksa Dong Yi terseret dalam pusaran intrik, dan akhirnya menjadi pihak yang berseberangan dengan sang selir. Demi mewujudkan ambisinya, Jang tega membunuh ibu mertuanya sendiri, Ratu Dowager. Jang menimpakan kesalahannya kepada saingan bercintanya, Ratu Inhyeon. Selanjutnya Jang naik takhta menjadi ratu.

Dibantu oleh orang-orang yang menyayanginya, Dong Yi harus jatuh bangun menghadapi Jang dan sekutu-sekutunya yang amat berkuasa. Karena kejujurannya, Dong Yi menjadi orang kepercayaan Ratu Inhyeon. Dong Yi bertekad membersihkan nama baik Ratu Inhyeon dan membongkar kejahatan Jang beserta kroninya.

Kejujuran, kepandaian, dan kegigihan Dong Yi, memikat hati Raja Sook Jong. Padahal Dong Yi juga dicintai oleh kakak angkatnya, Cha Chun Soo. Chun Soo dulu adalah anggota Geumgae sekaligus sahabat baik Dong Joo. Sebelum dieksekusi, Dong Joo menyampaikan pesan ayahnya agar Chun Soo meneruskan perjuangan Geumgae dan menjaga Dong Yi. Hanya Chun Soo yang tahu masa lalu Dong Yi dan selalu melindunginya.

Kisah semakin seru dan membuat penasaran saat Jang mengetahui perasaan Raja Sook Jong terhadap Dong Yi. Raja Sook Jong memilih mempercayai Dong Yi dibanding Jang. Kecemburuan ditambah perasaan terancam bergejolak dalam hati Jang. Apalagi Dong Yi menyimpan informasi dan bukti kejahatan Jang yang membuatnya menjadi musuh yang amat berbahaya. Jang berusaha dengan segala cara untuk melenyapkan Dong Yi.

Begitu banyak rintangan yang harus dihadapi Dong Yi, padahal ia masih harus mencari dalang yang memfitnah Geumgae dan membersihkan nama baik keluarganya. Kelak, Dong Yi akan menggunakan kekuasaan yang dimilikinya untuk menolong rakyat kecil yang tertindas. Dong Yi menjadi Sook-bin yang dicintai oleh rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar