Rabu, 04 Juli 2012

Harisu, Artis Korea Transgender Pertama

Dunia hiburan Korea ternyata juga diwarnai oleh selebriti transgender. Harisu yang kini berusia 37 tahun tercatat sebagai selebriti transgender pertama yang sukses di dunia hiburan Korea Selatan.

Harisu adalah nama panggungnya. Ia terlahir 17 Februari 1975 dengan nama Lee Kyung Yeop dan kemudian berubah menjadi Lee Kyung Eun. Harisu memutuskan untuk menjalani operasi perubahan kelamin pada 1995. Ia adalah orang kedua di Korea yang memutuskan untuk berubah gender secara resmi.

Debutnya di televisi dimulai saat ia ambil bagian sebagai pemeran pendukung di sebuah serial drama tahun 1991. Saat itu ia masih tampil sebagai laki-laki. Harisu pun tampil di beberapa judul lainnya namun namanya belum menarik perhatian publik.

Nama Harisu baru mulai populer tahun 2001 lalu. Ia tampil dalam sebuah iklan kosmetik di televisi. Iklan yang memperlihatkan dirinya sebagai transgender itulah yang menjadi tonggak popularitasnya sampai ia bisa merambah dunia akting dan musik.

Di tahun yang sama, Harisu juga membintangi film pertamanya 'Yellow Hair 2', dilanjutkan dengan 8 judul film lainnya. Ia bahkan pernah tampil dalam sebuah drama Taiwan dan sebuah film produksi Malaysia.

Tak hanya di dunia akting, karier menyanyinya pun bisa dikatakan sukses. Sampai tahun 2007 Harisu telah merilis 5 album di Korea dan beberapa lagunya dirilis di China berbahasa Mandarin.

Menjadi transgender dan pusat perhatian tentu bukan jalan yang mudah. Harisu harus menghadapi keluarga yang awalnya tak mendukung sampai kru produksi film yang tak percaya pada dirinya hanya karena ia seorang transgender.

Bagaimana cerita Harisu sampai memutuskan menjadi perempuan seutuhnya? Bagaimana pula kisahnya sampai bisa debut di dunia hiburan Korea? 

Jadi Transgender karena Kecewa pada Pria

Harisu adalah selebriti Korea pertama yang seorang transgender. Ia yang lahir dengan nama Lee Kyung Yeop memutuskan untuk menjalani operasi kelamin tahun 1995 lalu karena tertekan oleh pandangan umum.

Lahir 17 Februari 1975, Harisu menjalani hidup sebagai pria dan masuk SMP dan SMA khusus pria. Namun saat itu orang-orang di sekitarnya sudah menyadari bahwa ia sering bertingkah laku seperti perempuan.

"Aku selalu jadi anak perempuan yang senang bermain dengan boneka," ujar Harisu dalam sebuah sesi wawancara bersama Chosun.

Suatu hari, Harisu jatuh cinta dengan seorang pria. Namun karena pria berpacaran dengan pria sulit diterima masyarakat saat itu, keduanya pun memutuskan tidak melanjutkan hubungan. Sejak itu, Harisu ingin sepenuhnya menjadi perempuan.

"Saat itu aku berusia 17 tahun. Awalnya aku tak mau jadi perempuan. Aku suka diriku dan aku pikir aku tak perlu berubah. Tapi aku jatuh cinta pada seorang pria dan ia tak menerima cintaku. Di situ aku tahu jika aku tak mengubah kelaminku, aku tak akan bahagia," paparnya pada Asiaweek pada 2001 lalu.

Harisu kemudian menjalani operasi kelamin pada 1995. Dilanjutkan dengan operasi payudara, hidung, dan pinggul di Korea dan Jepang sekitar tahun 1998.

Keputusannya tentu sempat ditentang keluarga. Hubungan dengan orangtuanya pun jadi renggang. Sang ayah tak bisa menerima anak laki-lakinya harus berubah menjadi seorang perempuan. Namun lama kelamaan sang ayah akhirnya bisa menerima. Harisu pun bisa kembali hadir di acara keluarga.

Sampai saat ini Harisu adalah orang kedua di Korea yang secara resmi diubah gendernya. Ia memutuskan meresmikannya 13 Desember 2002 lalu lewat pengadilan Incheon. Harisu pun mengubah nama lahirnya Lee Kyung Yeop menjadi nama perempuan Lee Kyung Eun.

"Hal paling memalukan dalam hidupku adalah ketika aku harus memperlihatkan kartu identitasku di hadapan umum. Aku tak bisa punya paspor, visa, atau bahkan akun bank sendiri karena aku masih tercatat sebagai laki-laki," ujarnya.

Harisu debut di dunia akting pada tahun 2001 dan merilis 5 album.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar