Minggu, 19 Oktober 2014

Koin Indonesia yang Pernah Dipakai pada Piala Dunia 1974

 
 
Bagi Indonesia, sosok Jack Taylor akan selalu dikenang tidak hanya untuk memimpin final 1974, tetapi juga karena koin yang digunakannya. Pada saat Jack Taylor memimpin pertandingan final Piala Dunia tahun 1974, antara tuan rumah Jerman Barat VS Belanda, Taylor menggunakan koin Rp2.000 untuk mengundi siapa yang memperoleh bola pada awal pertandingan, yang pada saat itu di undi oleh wasit Jack Taylor dan disaksikan oleh Frans Beckenbauer ( Kapten tim Jerman Barat ) dan Johan Cruyff ( Kaptern tim Belanda ) sebelum kick off babak pertama.Koin yang dipakai adalah koin khusus yang dibuat Bank Indonesia bekerjasama dengan Lembaga Konservasi Dunia ( IUCN ) dan Lembaga Konservasi Alam ( WWF ). Koin itu hanya tersedia tiga buah dan dana penjualan koin tersebut untuk digunakan pada penyelamatan hewan langka di Indonesia.

Koin seberat 25,31 gram yang dikeluarkan pada tahun 1974 itu memiliki dua sisi, yaitu gambar garuda dengan teks Bank Indonesia dan Harimau Jawa pada gambar sisi lain.Taylor memilih uang itu karena terlihat menarik dan beratnya sangat pas.

Menariknya, uang itu membuat Beckenbauer penasaran. Ketika babak pertama istirahat, sepak bola legendaris Jerman yang hidup ini mendekati Taylor untuk melihat koin Indonesia itu dan bertanya mengapa Taylor sebagai orang Inggris menggunakan koin Indonesia bukan koin asal negaranya. Taylor pun tidak menjawab dan hanya memberikan senyum ke wajah penasaran Beckenbauer.

Pada tahun 2006, koin yang bersejarah ini dilelang dengan harga mencapai 150 juta dan kabarnya di beli oleh seorang pengusaha di Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar