Rabu, 27 April 2011

Paku yang Dipakai Pendeta Yahudi untuk Menyalib Yesus [ di duga ]


Kedua paku itu ditemukan pada 1990 di sebuah makam, hanya beberapa kilometer sebelah selatan kota suci Yerusalem. Makam kuno berusia 2.000 tahun itu adalah kuburan Caiaphas, pendeta tertinggi Yahudi yang memerintah Yesus disalib.

Makam itu lantas ditutup kembali. Namun kedua paku itu hilang secara misterius hingga ditemukan kembali pada 1990. Paku pertama ditemukan di tanah dan satunya lagi dalam peti.

Seorang penyelidik veteran bernama Jacobovici meyakini paku itu milik Yesus. Ia menyatakan penemuan dua paku ini berbeda dari yang lainnya lantaran konteks sejarah dan kepurbakalaannya. “Apa yang ingin kami tunjukkan kepada dunia adalah argumen arkeologi terbaik bahwa dua paku yang dipakai buat menyalib Yesus telah ditemukan,” katanya.

Namun Otoritas Kepurbakalaan Israel yang mengawasi proses penggalian itu masih meragukan klaim itu. Mereka menyatakan makam yang digali itu bukan kuburan Caiaphas.

Paku dan barang-barang kuno lainnya yang berhubungan dengan Yesus, termasuk handuk, dan mahkota berduri, bakal dipamerkan di Museum Inggris di London bulan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar