Selasa, 19 Juni 2012

Maskapai terbesar Malaysia bangkrut


Maskapai terbesar Malaysia bangkrut
Pramugari MAS. (azuanzahdi.com)


Maskapai terbesar di negeri jiran, Malaysian Airlines (MAS), bangkrut. Krisis keuangan serupa juga dialami pabrik otomotif Proton.

Kantor berita Malaysia Bernama melaporkan, Senin (18/6), informasi ini dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal Kamar Dagang dan Industri Malaysia Syed Hussein al-Habsyi. Khusus untuk kasus MAS, dia meminta direksi dan karyawan berdialog mencari jalan keluar terbaik mengatasi kebangkrutan. "Dialog terbuka antara karyawan dan manajemen harus segera dilakukan," ujar Syed Hussein.

Sumber Bernama, pengamat investasi di salah satu bank terbesar Malaysia, memberi bocoran kebangkrutan MAS dan Proton. Kedua perusahaan terkemuka itu sekarang mampu bertahan hanya karena sokongan subsidi pemerintah. "Tapi sulit melakukan swastanisasi dua perusahaan itu karena ada gengsi negara dan pelayanan publik dipertaruhkan saat ini," ujar sumber itu.

Akibat kebangkrutan, direksi MAS berupaya memindahkan kantor operasional mereka dari kompleks Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Kota Subang Jaya, Negara Bagian Selangor. Langkah ini ditentang serikat pekerja yang merasa perusahaan pelat merah ini bakal digadaikan kepada pihak asing.

Seandainya niatan direksi itu tidak ditentang, aset-aset di Subang akan disewakan ke pihak ketiga sehingga memberi tambahan biaya buat perusahaan ini.

MAS pernah hendak diakuisisi Air Asia, namun rencana itu batal karena tekanan publik, politikus, dan serikat pekerja. Sejak lima tahun terakhir, pendapatan maskapai ini terus turun. Kenaikan harga avtur dan persaingan dengan penerbangan murah membuat MAS mencatat kerugian 242 juta ringgit Maret lalu.

Nasib Proton sebelas dua belas, ketika dua tahun lalu pernah rugi hingga 61 juta ringgit. Kini pabrik mobil nasional didirikan pada 1983 ini telah diakuisisi oleh Badan Penyehatan khusus DRB Hicom Bhd.

1 komentar:

  1. Terimakasih banyak, saya ucapkan kepada Mbah Suro atas bantuan anka togel yg di berikan saya alhamdulillah benar2 tembus, berkat bantuan Mbah saya sudah bisa melunasi semua hutang2 saya sama tetangga bahkan saya juga sudah punya modal sedikit buat usaha kecil-kecilan, sekali lagi terima kasih banyak Mbah atas bantuannya kpd saya.. Jika anda ingin seperti saya hubungi aja beliau di nmr 082 354 640 471 atas nama Mbah Suro Ninggil........

    BalasHapus