Minggu, 17 Juni 2012

Patung Budha Tidur di Indonesia

Patung Buddha tidur menunjukkan tingkat kesempuranaan sang Buddha yang mencapai nirwana. Karena keistimewaan ini, tidak semua negara di dunia memilikinya. Tapi tahukah Anda ada 3 patung Buddha tidur di Indonesia?

Patung Buddha tidur merupakan patung yang menggambarkan Buddha telah berada pada tingkatan tertinggi, yaitu mencapai nirwana. Pada patung, terlihat Buddha menopang kepalanya dengan tangan tangan yang menandakan peristirahatan. Tangan kanan disamping tubuh juga menggambarkan Buddha telah mencapai nirwana.

Karena menunjukkan tingkat kesempurnaan Buddha, tidak semua vihara bisa memiliki patung ini. Tapi tahukah Anda, Indonesia 3 patung Buddha tidur? berikut ada 3 lokasi patung Buddha tidur yang ada di Indonesia:

1. Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto

Patung Buddha tidur pertama ada di Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto, Jawa Timur. Patung yang dibuat pada tahun 2001 ini diakui sebagai salah satu patung Buddha tidur paling besar di Asia. Tepatnya berada di urutan ketiga setelah Thailand dan Nepal. Bagaimana tidak? Patung ini memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Wow!

Patung Buddha Tidur dicat emas mengkilat menggambarkan wafatnya Siddharta Gautama. Patung juga dibuat menghadap ke arah selatan yang dianggap kiblatnya umat Buddha. Dijamin, setiap umat maupun wisatawan yang datang, akan tersihir dengan kemegahannya.

Selain melihat kemegahan patung Buddha tidur, pengunjung yang datang juga bisa melihat miniatur Candi Borobudur di areal Maha Vihara Majapahit ini. Patung kera sakti, dan beberapa patung tokoh-tokoh dalam cerita Budha juga menarik untuk dilihat. Di dinding belakang bangunan utama terdapat relief-relief besar yang menceritakan Budha sedang mengamalkan ajarannya.

2. Vihara Dhammadipa Arama, Malang
Selain Maha Vihara Mojopahit di Mojokerto, Jawa Timur masih punya satu kota lagi lokasi patung Buddha tidur, yaitu Malang. Jika berkunjung ke Malang, sempatkanlah datang ke Vihara Dhammadipa. Di sana, Anda bisa melihat Patung Buddha tidur yang tak kalah megahnya dengan yang ada di Mojokerto.

Vihara Dhammadipa atau biasa disebut Padepokan Dhammadipa Arama biasa dijadikan sebagai tempat meditasi umat. Selain itu, vihara ini juga memiliki replika Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar. Jika masuk ke dalam, Anda bisa melihat ada banyak patung sang Buddha.

Jika berjalan terus ke arah belakang padepokan, ada satu pemandangan menakjubkan yang bisa turis lihat, patung Buddha tidur. Sama seperti yang ada di Maha Vihara Mojopahit, patung Buddha tidur di Malang juga dicat emas. Benar-benar tampak istimewa dan megah. Karena tidak semua vihara memiliki patung Buddha tidur, jadi pastikan Anda datang ke Vihara Dhammadipa saat berkunjung ke Malang, ya!

3. Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, Semarang
Umat Buddha di Jawa Tengah biasanya identik dengan Candi Borobudur. Ternyata, masih ada tempat lain yang harus Anda kunjungi, terutama di hari Waisak seperti ini, yaitu Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong. Di sana, Anda bisa melihat salah satu mahakarya terbaik untuk sang Buddha. Penasaran?

Pagoda yang berada di Jl Perintis Kemerdekaan, Semarang, Jawa Tengah ini terbilang unik, karena memiliki pagoda yang jarang ada di Indonesia. Menengok ke sebelah kanan pagoda, Anda akan melihat daya tarik kuat dari tempat ini, yaitu patung Buddha sedang tidur.

Patung Buddha sedang tidur tidak dapat Anda lihat di setiap vihara, karena patung ini melambang Buddha telah berada di tingkatan paling tinggi, yaitu mencapai nirwana. Berbeda dengan patung Buddha yang dicat emas di Mojokerto dan Malang, patung Buddha tidur di Semarang berwarna cokelat untuk pakaiannya, dan tubuh tetap dengan warna emas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar