Minggu, 10 Juni 2012

Hooligan Polska: Laga Lawan Rusia Ibarat Perang Suci

Atmosfer Polandia jelang pembukaan Euro 2012 makin memanas. Berbagai persiapan dilakukan tuan rumah menyongsong perayaan besar pembukaan Euro 2012 yang akan dibuka di National Stadium, Jumat (8/6/2012).

Polandia akan tampil di laga perdana melawan Yunani setelah opening ceremony digelar. Tapi perhatian fans fanatik Polska ternyata bukan pada partai perdana tersebut. Mereka justru mengincar pertandingan selanjutnya melawan Rusia yang akan digelar di tempat yang sama pada (12/6/2012).

Tribun berkesempatan menemui fans fanatik Polska yang bermarkas di daerah Legia, Warsawa, Polandia, Senin (4/6/2012). Hooligan Polska, begitu mereka menyebut identitasnya. Berbadan tinggi besar dengan tatto di lengannya, Adam Maciek, bercerita tentang perseteruan antara Polandia dan Rusia.

Maciek menyebut laga Polandia kontra Rusia nanti akan sangat emosional bagi warga Polandia. Ini terkait dengan sejarah kelam masa lalu saat orang-orang Rusia dengan kejam menginvasi Polandia di masa perang dunia kedua terjadi.

"Sebagian besar dari kami menyebut laga melawan Rusia sebagai perang suci. Kami akan mempertaruhkan nama bangsa. Bangsa Polandia akan bersatu dan berkata kepada mereka bahwa kami yang dulu mereka jajah kini bisa membalas penjajahan itu," kata Maciek.

Orang Polandia menyebut peperangan melawan Rusia dengan istilah Holy War, dalam konteks sepakbola mereka menggantinya dengan istilah Holy Match. Maciek meyakini laga kontra Rusia akan jadi salah satu pertandingan terbesar pada perhelatan Euro nanti.

"Bahkan ini akan lebih besar dari pertandingan derby manapun yang pernah Anda saksikan. Semua orang Polandia tahu sejarah bagaimana orang-orang tua kami melawan Rusia. Ini pertandingan suci demi nama bangsa," ungkapnya.

Sejarah Polandia memang tragis. Setelah mengalami kehancuran kota di sana-sini oleh pasukan Nazi Jerman pada Perang Dunia kedua tahun 1939, tiba-tiba Polandia dikejutkan oleh serangan Rusia yang saat itu bernama Uni Soviet pada September.

Polandia yang secara geografis berada di tengah-tengah antara Jerman dan Rusia, jadi tempat bulan-bulanan peperangan kedua negara sebelum akhirnya Polandia menyerah kepada Nazi Jerman setelah Kota Warsawa dihancurkan.

Kejadian ini juga memaksa sisa sisa pemimpin Polandia melarikan diri di antaranya ke Rumania. Sementara yang lain ditahan baik oleh Rusia maupun Nazi. Maka aroma dendampun akan terasa pada saat kedua tim berperang di Euro 2012.

Persaingan antar fans kedua negara dipastikan akan sangat panas baik di dalam maupun di luar stadion. Meski mengetahui fans Polandia akan sangat emosional, fans Rusia takkan menyurutkan semangat untuk memberikan dukungan kepada timnya meski akan bermain di kandang singa.

Dari informasi yang dihimpun Tribun di Warsawa, Timnas Rusia sudah mendarat di Warsawa sejak kemarin sore. Mereka mendapat sambutan meriah dari fans Rusia saat tiba di Hotel Briston, kawasan dekat dengan jantung Kota Warsawa. Seratusan fans Rusia telah berada di lokasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar