Minggu, 10 Juni 2012

Irlandia vs Kroasia 1-3

Mario Mandzukic, Irlandia vs Kroasia

EURO 2012: Pertandingan seru antara Irlandia lawan Kroasia di Grup C Piala Eropa 2012 di Municipal Stadium, Senin (11/6/12), berakhir dengan skor 1-3 untuk kemenangan Kroasia. Hasil ini untuk sementara menempatkan Kroasia di puncak klasemen sementara Grup C setelah Spanyol dan Italia berbagi skor 1-1 di pertandingan sebelumnya.

Gol 1 Mario Mandzukic, Irlandia 1-3 Kroasia

Kroasia unggul cepat di menit ketiga. Umpan silang Darijo Srna dari sisi kanan disundul oleh Mario Mandzukic ke arah kiri gawang Irlandia yang tidak bisa dijangkau Shay Given.

Irlandia merespons gol tersebut dengan baik. Beberapa kali pergerakan pasukan Irlandia cukup merepotkan lini belakang Kroasia. Damien Duff hampir mencetak gol di menit ketujuh andai tendangannya tidak sedikit melebar.

Gol penyeimbang lahir menit 19. Kiriman umpan yang sempurna dari Aiden McGeady dikonversi menjadi gol oleh kepala Sean St. Ledger. Pertandingan kian menarik setelah gol tersebut.

Gol Sean St. Ledger, Irlandia 1-3 Kroasia

Kroasia yang memang diunggulkan kali ini langsung menggebrak untuk kembali unggul. Given dipaksa berjibaku mengamankan gawangnya dari usaha Ivan Perisic dan Luka Modric.
Pertahanan Irlandia akhirnya goyah lagi dua menit jelang turun minum. Blunder yang dilakukan Stephen Ward dimanfaatkan dengan baik oleh Nikica Jelavic untuk membawa Kroasia unggul 1-2 di babak pertama.

Gol Nikica Jelavic, Irlandia 1-3 Kroasia

Para pemain Irlandia sepertinya kurang baik dalam berkonsentrasi di menit awal pertandingan. Terbukti dengan gol ketiga Kroasia yang kembali dicetak oleh Mandzukic di menit 48. Sundulannya memanfaatkan umpan Perisic sempat membentur tiang dan masuk ke gawang setelah mengenai kepala Given.

Gol 2 Mario Mandzukic, Irlandia 1-3 Kroasia

Irlandia harusnya mendapat penalti di menit 63. Pergerakan Robbie Keane dihentikan secara ilegal oleh Gordon Schildenfeld di kotak penalti. Namun wasit Bjorn Kuipers menganggap hal tersebut bukan sebagai pelanggaran.

Anak asuh Giovanni Trapattoni kembali mendapat kesempatan di menit 68. Umpan tendangan bebas Duff disambut oleh kepala Richard Dunne. Sayang sundulannya terlalu lemah dan bisa ditangkap oleh Stipe Pletikosa.

Menit 78, keunggulan Kroasia hampir bertambah. Kerjasama Srna dan Rakitic dituntaskan dengan sepakan melengkung dari nama terakhir. Hanya berakhir tipis di sisi kanan gawang Given.

Irlandia terus melakukan tekanan untuk minimal memperkecil skor. Termasuk sundulan Keith Andrews di masa injury time yang hanya berakhir beberapa inci di samping gawang Pletikosa. Hingga akhir, Kroasia mampu mempertahankan keunggulan 1-3 mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar