Minggu, 10 Juni 2012

Istana Wilanow Istana Raja Polandia

 

Warsawa tak hanya memiliki berbagai peninggalan bersejarah, tapi juga situs budaya yang ada di luar kota. Salah satunya adalah Istana Wilanow, orang Polandia menyebutnya Palace Wilanowie.



Istana ini terletak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Warsawa di daerah Wilanow. Berdasarkan cerita warga lokal, tempat ini merupakan istana para raja Polandia.






Istana ini terlihat sangat anggun. Memasuki pintu gerbang istana saja sudah terasa betapa istana ini sangat anggun dan menawan. Bangunan-bangunan kuno berbentuk istana penuh dengan nilai sejarah klasik.

 

Ini asli istana musim panas untuk keluarga raja-raja Polandia yang konon ceritanya hanya dikunjungi saat musim panas tiba. Dibangun di abad ke-17 dan ajaibnya ini adalah satu-satunya bangunan yang tidak ikut dihancurkan selama Perang Dunia II.

Tampilan luar istana sangat artistik, di setiap sisi bangunan ada patung-patung besar bergambar para tokoh-tokoh founding father Polandia. Makin istimewa ketika masuk ke dalam istananya, yang terdiri dari dua lantai.

 

Lantai pertama diisi beberapa perabotan keluarga raja-raja Polandia, sementara di lantai dua koleksi lukisan portrait dari anggota keluarga kerajaan. Sayangnya di dalam istana dilarang mengambil gambar atau berfoto.

 

Istana ini menjadi salah tempat favorit bagi pencinta sejarah. Bangunan tua yang tetap tertata dengan rapi dan indah ini adalah "saksi hidup" histori Polandia.

Para wisatawan pun sangat menyukai keindahan istana tersebut. Wisatawan tak hanya disuguhi keanggunan bangunan istana, tapi juga panorama indah di sekitarnya.

Hamparan kebun dengan warna bunga-bunga akan langsung membuat mata terpesona. Perkebunan ini ditata sangat rapi, ada air mancur di tengah taman, dan setiap sisi kebun disediakan kursi-kursi tempat duduk santai.

Di bagian akhir kebun ada danau dengan air jernih, ada sampan disediakan diperuntukkan buat pengunjung yang mau mendayung. Intinya tempat ini adalah imaji surgawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar